RSS

KARYA PEMULIHAN ALLAH

Pembacaan dari Kisah Para Rasul I :6-7
(HambaNYA Pdt Kiky Tjahjadi)

Arti kata pemulihan adalah : Mengembalikan, memperbaiki, memperbaharui ada keadaan semula.
Situasi saat itu adalah Israel ingin kembali pada masa kejayaan yang pernah mereka alami pada masa pemerintahan raja Saul, Daud, dan salomo. Ini merupakan pemulihan secara jasmani yang mereka maksudkan. Tetapi karya pemulahan Allah adalah lebih menjurus kepada pemulihan secara rohani. Jika pemulihan secara rohani sudah dapat dicapai maka pemulihan secara jasmani akan otomatis tercapai. Oleh sebab itu kita harus mencari dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semua akan ditambahkan. Jika pemulihan secara rohani dapat kita capai, kita akan dapat bertahan dalam dunia yang jahat ini dan kita akan dapat menikmati janji-janji Allah kepada kita.
Karya pemulihan Allah ini ada 3 hal :
1. PEMULIHAN SECARA ROH. Artinya, pemulihan hubungan persekutuan dengan Allah. Ketika manusia jatuh dalam dosa, hubungan dengan Allah menjadi terputus. Sejak saat itu manusia melakukan berbagai cara untuk memulihkan hubungan itu yaitu dengan cara berbuat baik, amal dll.tetapi semua itu sia-sia. Hanya melalui kematian dan kebangkitan Tuhan Yesus hubungan dengan Allah dapat dipulihkan. Persekutuan dengan Allah harus dipelihara bukan karena kewajiban semata. Sembah dia dengan roh, sebab Allah adalah Roh.(Efesus 4:23).
2. PEMULIHAN KARAKTER. Lamanya kita menjadi kristen tidak menjamin karakter kita berubah, jika kita tidak mengalami pemulihan karakter. Sejak jatuh dalam dosa, manusia cenderung berbuat dosa. (Kejadian 6:5). Karakter apa saja yang ada pada kita ? (Markus 7:21,22) Karakter yang harus dipulihkan. Dan kita menjadi ciptaan baru dalam Yesus (2Korintus 5:17). Allah memulihkan karakter kita agar kita memiliki karakter Kristus.
3. MENJADI KAWAN SEKERJA ALLAH, Artinya : Ada sesuatu yang kita kerjakan dan kita perbuat untuk Allah melalui talenta , karunia yang kita miliki. Jangan berfikir bahwa melakukan sesuatu untuk Allah harus menjadi Pdt, atatu pengkhotbah, dll. Melalui apa yang ada pada diri kita, Allah dapat memakai kita menjadi alatnya dan menjadi kawan sekerja Allah.
BAGAIMANA KITA DAPAT DIPULIHKAN :
1. PERLU KERINDUAN YANG KUAT UNTUK DIPULIHKAN
2. PERLU TINDAKAN, yaitu : pertobatan dan ketaatan
3. MAU DIPIMPIN OLEH ROH KUDUS

ALLAH AKAN MEMULIHKAN KITA YANG RINDU DIPULIHKAN , SEMUANYA AKAN MENJADI BARU.(Yehezkiel 36:26-30).
HALELUYA.

0 comments:

Post a Comment